MacOS Tweak: Merampingkan Tampilan MacOS di Layar Resolusi Kecil

Reading Time: 4 minutes

Selamat datang di UNYDeveloperNetwork. Bagi pengguna perangkat Mac dengan layar resolusi kecil, pernahkah Anda merasa bahwa tampilan MacOS itu gemuk? Bahkan seolah-olah perpaduan antara menu, icon-icon, dan dock membuat layar perangkat Mac Anda terasa penuh sesak. Apakah hal ini bisa “diakali” ? Jawabannya iya! Setelah Anda melakukan tweaking sederhana ini, Anda akan merasa tampilan MacOS semakin elegan karena semakin ramping dan tidak gemuk memenuhi layar lagi. Bagaimanakah caranya? Apakah sulit? Simak artikel ini.

Baik, untuk memulai saya akan membagikan tampilan MacOS di perangkat Mac saya. Ketika artikel ini ditulis, Saya masih menggunakan MacBook Pro Mid-2012 yang mana resolusi layarnya adalah 1280 x 800. Sehingga tampilan MacOS di perangkat Saya terasa gemuk sekali. Berikut adalah penampakannya.

Nah, Saya pun bertanya-tanya, apakah bisa Saya rampingkan lagi tampilan MacOS di perangkat Saya ini. Saya pun melakukan browsing di internet dan akhirnya menemukan sebuah tool sederhana yang dapat membuat tampilan MacOS di perangkat Saya menjadi seperti di bawah ini.

Tampak semakin ramping bukan? Lebih tepatnya tampak semakin ramping dan elegan. Tool apakah saya gunakan untuk melakukan tweak ini? RDM; inilah tool yang saya gunakan untuk melakukan tweaking tampilan MacOS Saya. Tool ini dapat Anda peroleh melalui tautan berikut ini: https://github.com/avibrazil/RDM.

Jadi, apakah RDM itu? Dari laman github yang telah Saya reference tersebut, pemiliki repositori menyebutkan bahwa:

Menarik sekali bukan? perangkat Macbook kita yang semula hanya semula hanya mampu mendukung resolusi tertentu saja dapat di push hingga ke resolusi sesuai dengan keinginan kita. Nah, bagaimana cara menginstall tool ini? Mari kita lanjutkan ke bagian selanjutnya.

Menginstall RDM

Untuk dapat menginstall tool RDM ini, pertama kali kita harus mengunjungi sebuah laman github melalui tautan berikut: https://github.com/avibrazil/RDM.

Setelah Anda tiba laman github ini, gulung layar hingga ke paling bawah; hingga Anda menemukan kata-kata: Want installable binary package? It is here. Klik pada tautan yang terdapat pada kata-kata it is here. Maka Anda akan dibawa ke suatu halaman lain.

Download RDM-2.2.dmg. Meskipun aplikasi ini terakhir dirilis pada tahun 2016, namun masih dapat digunakan di MacOS versi terbaru.

Setelah Anda mendownload RDM-2.2.dmg, lakukan instalasi seperti biasa dengan melakukan mounting file dmg tersebut terlebih dahulu.

Klik dua kali pada RDM 2.2 dan Anda akan menemukan jendela seperti tangkapan layar di bawah ini.

Lanjutkan instalasi dengan klik dua kali pada RDM-2.2.pkg dan akan tampil installation wizard seperti tangkapan layar di bawah ini.

Selesaikan proses instalasi.

Setelah Anda menyelesaikan proses instalasi, Anda dapat langsung menjalankan aplikasi RDM tersebut. Ketika aplikasi RDM dijalankan, akan muncul icon di status bar Anda.

Klik pada icon RDM dan Anda akan melihat berbagai ukuran layar yang bisa dipilih untuk merampingkan tampilan MacOS pada perangkat Mac Anda.

Sekarang Saya akan mencoba mengubah tampilan MacOS saya dari resolusi 1280 x 800 menjadi 1680 x 1050. Berikut adalah perbandingannya.

Bagaimana? menarik untuk dicoba bukan? Yang jelas, setelah Saya menggunakan tool ini rasanya layar MacBook menjadi semakin lega. Tidak lagi terasa gemuk dan penuh seperti sebelumnya.

Baik, demikian postingan Saya kali ini. Apabila Anda menemukan artikel ini berguna, Anda dapat membagikannya. Anda juga dapat mencuplik beberapa bagian dari artikel ini, namun jangan lupa untuk sertakan URL nya. Terima kasih.

^_^

Please follow and like us:
Advertisements

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *