Menjalankan Matlab 7 (R14 SP3) Di Windows 7, 8, 8.1, dan 10

Reading Time: 3 minutes

Selamat datang di UNYDeveloperNetwork. Pada postingan kali ini Saya akan membahas salah satu program yang sangat populer di lingkungan komputasi numerik. Ialah Matlab 7 (R14 SP3) yang sudah terkenal sebagai Matlab versi terakhir yang ringan, tidak membebani komputer, dan dapat dijalankan di komputer spek rendah. Namun, dibalik keunggulan – keunggulannya itu, ternyata Matlab 7 ini memiliki satu kelemahan yang cukup menantang untuk diselesaikan. Masalah apakah itu?

Masalah yang Saya maksud adalah ini:

Yep, error starting Desktop lengkap dengan pesan – pesan error yang membuat user takut (pastinya). Masalah ini ternyata muncul di Windows 7, Windows 8, Windows 8.1, dan Windows 10. Karena usut punya usut, Matlab ini sudah tergolong tua usianya (rilis 2004) sehingga Ia menggunakan library lama yang mulai tidak disupport di sistem operasi Windows yang lebih terbaru. Lantas apakah Matlab ini benar – benar tidak dapat dijalankan? Tenang saja. MASIH BISA KOK!.

Bagaimana caranya? Ikuti langkah – langkah berikut ini.

Pertama, klik kanan pada pintasan program Matlab 7 yang sudah Anda install dan pilih properties.

Anda akan melihat jendela seperti di bawah ini.

Kedua, pilih tab Compatibility.

Ketiga, klik pada tombol Change settings for all users.

Maka Anda akan melihat tampilan seperti di bawah ini.

Keempat, centang pada “Run this program in compatibility mode for” dan pilih “Windows Vista (Service Pack 2)

Jangan lupa centang juga “Run this program as administrator”. Setelah itu klik Apply dan OK.

Terakhir, tutup jendela MATLAB 7.1. Properties dan coba jalankan Matlab 7.1 nya sekarang!

Masih Sulit Untuk Terbuka?

Jika Matlab Anda masih sulit terbuka (keluar splash screen namun tidak kunjung masuk ke dalam programnya), maka yang bisa Anda lakukan adalah meng-kill nya melalui task manager.

Untuk masuk ke dalam task manager, tekan tombol CTRL + SHIFT + ESC

Setelah masuk ke dalam Task Manager, cari “Matlab” (kalau perlu scroll sampai bawah), pilih “Matlab” tersebut dan klik tombol “End Task”

Setelah “Matlab” berhasil di kill, ulangi langkah membuka aplikasi “Matlab” sampai berhasil.

Masih Belum Berhasil Juga?

Jika masih belum berhasil terbuka sempurna, lakukan cara klasik dengan cara klik kanan pada dekstop dan pilih refresh. Lakukan hal ini sampai lima kali. Setelah itu, ulangi lagi untuk membuka aplikasi Matlab.

Mengapa hal ini bisa terjadi?

Sudah dijelaskan di awal artikel ini, bahwa Matlab R14 SP3 merupakan Matlab keluaran tahun 2004 – 2005 yang mana di saat itu, environment 32bit masih sangat populer, sehingga dukungan library untuk environment 32bit juga masih sangat kuat. Namun, seiring berjalannya waktu, komputer saat ini rata – rata sudah berenvironment 64bit, yang mana membuat program – program 32bit menjadi terlihat obsolete dan menjadi tidak optimal untuk dijalankan.


Demikianlah artikel tentang Menjalankan Matlab 7 (R14 SP3) Di Windows 7, 8, 8.1, dan 10 ini. Semoga bermanfaat. Apabila Anda menukan artikel ini bermanfaat untuk orang lain, jangan segan – segan untuk membagikannya. Anda juga boleh mengutip sebagian isi dari artikel ini, namun jangan lupa untuk menyertakan URL-nya.

Terima kasih telah berkunjung… ^_^.

Please follow and like us:
Advertisements

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *