[pemdas-basic]: Program Bilangan Ganjil Genap

Reading Time: 2 minutes

Selamat datang di blogs UNYDeveloperNetwork. Pada artikel kali ini, Saya memulai topik baru yakni [pemdas-basic] atau singkatan dari Pemrograman Dasar – basic. Baik, kita langsung saja. Di sekolah dasar, kita sudah diajarkan tentang bilangan ganjil dan genap. Suatu bilangan disebut ganjil jika tidak habis dibagi dengan angka dua, sedangkan suatu bilangan akan disebut genap jika bilangan tersebut habis dibagi dengan angka dua. Nah, pada artikel ini, kita akan membuat program sederhana untuk mengetahui, apakah suatu bilangan tersebut ganjil atau genap.

Operasi yang digunakan pada program ini adalah operasi modulus. Apakah operasi modulus itu?

Operasi Modulus adalah sebuah operasi yang menghasilkan sisa pembagian suatu bilangan terhadap bilangan lainnya (wikipedia). Nah, karena kita ingin mengetahui suatu bilangan apakah bilangan tersebut ganjil atau genap, maka kita menggunakan cara ini. Kita akan melakukan operasi modulus suatu bilangan terhadap angka dua dan mengetahui sisa hasil pembagiannya. Jika sisanya lebih dari nol, maka dapat dipastikan bilangan tersebut adalah bilangan ganjil. Sebaliknya, bilangan tersebut adalah bilangan genap.

Oleh karena itu, pada program, kita gunakan blok IF-Decision dengan kondisi adalah hasil dari operasi modulus tadi. Berikut adalah pseudocode nya.

if(number mod by 2 > 0) {
     print("Bilangan Ganjil");
}
else {
     print("Bilangan Genap");
}

Kemudian, berikut adalah contoh implementasinya dengan menggunakan bahasa pemrograman java.

public class GanjilGenap {
     public static void main(String[] args) {
          int a = 9;
          if(a%2 > 0) {
               System.out.println("Bilangan Ganjil");
          }
          else {
               System.out.println("Bilangan Genap");
          }
     }
}

Sekarang, coba kita jalankan beberapa kali untuk melihat hasilnya.

a = 2
a = 3
a = 4
a = 5

Baik, bagaimana? sudah paham? semoga setelah membaca artikel ini Anda memahami bagaimana cara penggunaan operasi modulus pada program terutama untuk mengetahui apakah suatu bilangan bernilai ganjil atau genap. Namun, jika Anda masih belum mengerti, Anda dapat meninggalkan pertanyaan di kolom komentar. Saya akan berusaha dengan segera untuk membalas pertanyaan yang Anda ajukan.

Terima kasih….

^_^

Please follow and like us:
Advertisements

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *