Tutorial: Menginstall Winget di Windows 10

Reading Time: 3 minutes

Setelah Saya membahas apa itu winget, kini dalam artikel ini Saya menunjukkan bagaimana cara menginstall winget pada Windows 10. Syaratnya sangat mudah, Anda harus dapat memastikan Windows 10 Anda minimal adalah versi 1709. Jika sudah dapat memastikan versi Windows Anda, kini Anda tinggal mengikuti langkah selanjutnya untuk menginstall winget.

Namun, jika Anda belum mengetahui cara untuk memastikan versi Windows 10 Anda, Anda dapat mengikuti langkah berikut ini.

Buka Start Menu dan pilih Settings

Selanjutnya pilih System

Terakhir, pilih About dan gulung halaman About hingga bawah dan temukan Version. Yep, di sanalah Anda dapat menemukan versi Windows 10 Anda.

Jika Anda sudah dapat memastikan versi Windows 10 Anda, kini Anda dapat melanjutkannya ke langkah berikut ini.

Pertama, Anda harus memastikan App Installer terinstall di Windows 10 Anda. Untuk memastikannya, buka Microsoft Store dan ketikkan App Installer pada kolom pencarian.

Apabila App Installer belum terinstal, Instal aplikasi tersebut terlebih dahulu.

Kedua, install winget-cli. Untuk dapat menginstallnya, Anda harus terlebih dahulu mengunduh paket appxbundle nya terlebih dahulu di sini.

Setelah terdownload, klik dua kali pada paket appxbundle tersebut untuk menginstall widget-cli

Setelah proses instalasi paket appxbundle tersebut selesai, Anda mulai dapat menggunakan winget. Untuk dapat menggunakannya, Anda dapat membuka Command Prompt atau Windows PowerShell. Ketikan winget untuk memastikan bahwa winget sudah terinstall di Windows 10 Anda dapat digunakan.

winget pada Windows PowerShell
winget pada Command Prompt

Bagaimana, cukup mudah bukan menginstall winget di Windows 10? Perlu menjadi catatan, bahwa package manager ini masih bersifat preview dan belum final. Sehingga ke depan kemungkinan untuk terjadinya perubahan sangatlah besar.

Demikianlah artikel tutorial menginstall winget di Windows 10 ini. Semoga Anda paham dan mengerti. Apabila Anda mengalami kesulitan dalam menginstall winget atau terdapat langkah yang tidak Anda mengerti, silakan tinggalkan pertanyaan di kolom komentar. Saya akan sesegera mungkin menjawab pertanyaan Anda. Apabila Anda ingin mencuplik artikel ini, jangan lupa sertakan juga URL nya.

Terima Kasih… ^_^

REFERENSI

Please follow and like us:
Advertisements

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *