Selamat datang di blogs UNYDeveloperNetwork. Pada artikel Fun & Tutorial kali ini, Saya mengajak Anda untuk bersenang – senang lagi, berkreasi lagi dengan menggunakan Java. Kali ini kita akan menggunakan Java untuk membuat segitiga siku siku. Saya yakin untuk mahasiswa informatika pasti memperoleh project ini di awal – awal perkuliahan algoritma pemrograman. Oleh karena itu, Saya akan mengulik sedikit bagaimana cara membuat segitiga siku – siku dengan menggunakan Java.
Untuk dapat membuat segitiga dengan menggunakan Java, kita akan menggunakan CLI sebagai displaynya. Meskipun menggunakan Swing juga bisa, namun kita akan bahas itu di lain artikel. Khusus artikel ini adalah kita akan mengoptimalkan CLI untuk menampilkan segitiga siku – siku dengan menggunakan bahasa pemrograman Java. Oleh karena itu, kita akan menggunakan karakter (” * “) / asterisk. Baik, tidak perlu panjang lebar lagi, mari segera kita buat program ini.
PERTAMA, buat class dengan nama SegitigaSikuSiku.java dan buat juga method mainnya juga.
public class SegitigaSikuSiku {
public static void main(String[] args){
}
}
KEDUA, import java.utill.Scanner dan java.util.InputMismatchException. Letakkan di atas nama class.
import java.util.Scanner;
import java.util.InputMismatchException;
KETIGA, buat method getInput() dengan kembalian berupa object Scanner untuk menghandle masukan dari user.
private static Scanner getInput() {
return new Scanner(System.in);
}
KEEMPAT, buat method void createSegitiga dengan parameter integer sebagai tinggi segitiga untuk membuat segitiga siku – siku.
private static void createSegitiga(int tinggiSegitiga) {
for(int i = 1; i <= tinggiSegitiga; i++) {
for(int a = 0; a < i; a++) {
System.out.print("* ");
}
System.out.println("");
}
}
Stop sampai di sini dahulu, Saya akan menjelaskan alur logika method ini. Ketika method ini dieksekusi dan mendapatkan masukan value integer sebagai tinggi segitiga, maka method ini akan menjalankan dua for-looping dengan salah satunya berada di dalam for-looping (looping inside looping). looping terluar digunakan untuk membentuk tinggi segitiga, sedangkan looping yang terdapat di dalam digunakan untuk membentuk segitiga. Sehingga, untuk membentuk segitiga dan kemiringannya, looping bagian dalam menerima value dari looping terluar. Ketika iterasi looping terluar menunjuk angka satu, maka iterasi di looping dalam juga akan terjadi satu kali dan mencetak (” * “) satu kali. Jika iterasi di looping terluar menunjuk angka dua, maka iterasi di looping dalam juga akan terjadi dua kali dan mencetak (” * “) sebanyak dua kali. Begitu seterusnya hingga iterasi looping terluar berakhir.
KELIMA, paling akhir, isikan kode berikut pada method main untuk menghandle masukan dari user.
boolean status = true;
System.out.println("Program Segitiga Siku - Siku\nCoded in Java by Muhammad Irfan Luthfi\ngithub.com/milstrike");
while(status) {
System.out.print("Masukkan tinggi segitiga: ");
try {
createSegitiga(getInput().nextInt());
status = false;
}
catch(InputMismatchException e){
System.out.println("Masukan harus berupa Angka!");
status = true;
}
}
Jadi, Saya menggunakan try catch untuk InputMismatchException untuk memastikan bahwa masukan yang diberikan user adalah benar benar integer. Sekarang mari kita RUN.
TINGGI SEGITIGA = 3
TINGGI SEGITIGA = 5
TINGGI SEGITIGA = 10
ERROR HANDLING
Dan berikut adalah source code full nya.
package segitigaJava;
import java.util.Scanner;
import java.util.InputMismatchException;
/*
* Author: Muhammad Irfan Luthfi
* github.com/milstrike
*/
public class SegitigaSikuSiku {
private static Scanner getInput() {
return new Scanner(System.in);
}
private static void createSegitiga(int tinggiSegitiga) {
for(int i = 1; i <= tinggiSegitiga; i++) {
for(int a = 0; a < i; a++) {
System.out.print("* ");
}
System.out.println("");
}
}
public static void main(String[] args) {
boolean status = true;
System.out.println("Program Segitiga Siku - Siku\nCoded in Java by Muhammad Irfan Luthfi\ngithub.com/milstrike");
while(status) {
System.out.print("Masukkan tinggi segitiga: ");
try {
createSegitiga(getInput().nextInt());
status = false;
}
catch(InputMismatchException e){
System.out.println("Masukan harus berupa Angka!");
status = true;
}
}
}
}
Bagaimana? menarik bukan? fun kan? demikian artikel fun & tutorial ini, semoga bermanfaat untuk kita semua. Apabila Anda masih bingung, dan ingin bertanya, silakan tinggalkan pertanyaan pada kolom komentar. Apabila Anda ingin mencuplik artikel ini, jangan lupa sertakan URL artikel ini juga ya.. Terima Kasih.. ^_^
UNDUH PROJECT
ARTIKEL TERKAIT
1 thought on “Fun & Tutorial: Membuat Segitiga Siku Siku dengan Java (CLI)”