Tutorial: Bermain dengan String[] args (Java)

Reading Time: 4 minutes

Selamat datang di blogs UNYDeveloperNetwork. Sebagai programmer java baik beginner maupun expert pasti mengetahui statement berikut ini: “String[] args”. Apakah itu String[] args? Apakah kita dapat bermain dengannya? Mari kita simak artikel berikut ini sampai tuntas

Tangkapan layar di atas adalah bentuk yang sangat umum atau sangat mendasar yang digenerate oleh IDE ketika kita membuat sebuah class Java dengan main method. Bahkan para beginner pun ketika belajar bahasa ini, secara default juga akan membuat method main dengan “String[] args”. Jadi, mengapa di main method selalu ada “String[] args” ? Apakah fungsinya? dan apakah kita dapat mengganti “args” dengan nama lain?

Ok, kita akan bahas satu persatu. pernahkah Anda semua melihat command pada command prompt seperti ini?

Pasti pernah kan? mari sekarang kita extract command tersebut.

Secara umum, sebuah command memiliki dua komponen: (1) command itu sendiri & (2) arguments command. Begitu juga dengan Java yang memiliki method main dan String[] args. Ketika kita menjalankan sebuah program Java, kita bisa saja menambahkan arguments di belakang nama program yang kita jalankan. Contohnya seperti ini:

Jadi fungsi String[] args adalah sebuah array dalam bentuk String yang menyimpan arguments yang di passing melalui command line ketika mengeksekusi program. Lantas, apakah args ini bisa diganti dengan nama yang lain? Tentu saja bisa. Tidak ada aturan khusus dalam penamaan “args” ini. Sehingga kita bisa memberikan nama apa saja. Untuk lebih jelasnya, perhatikan baris kode berikut dan hasil eksekusinya:

Dari tangkapan layar di atas saya mengganti “args” menjadi “pernyataan”, ternyata program juga masih dapat berjalan (dalam case ini kita hanya mengganti nama variabelnya). Lalu, apakah kita bisa mengganti String[] – nya? Mari kita lihat kembali pada baris kode berikut dan hasil eksekusinya.

Yak, ternyata tidak bisa. Java pun sudah membuat aturan jika membuat main method harus mematuhi aturan (String[] args) tersebut. Baik, jika demikian, apakah kita bisa bermain – main dengan String[] args ini?

Bermain dengan String[] args

Untuk menyimpan dan menampilkan String

Yang pertama adalah untuk menyimpan dan menampilkan String. Untuk menampilkan String sangatlah mudah. Kodenya adalah sebagai berikut.

public class StringArgsDua {

	public static void main(String[] pernyataan) {
		System.out.println(pernyataan[0]);
	}

} 

Mari kita lihat output dari kode di atas

Kode di atas hanya dapat menampilkan satu String saja. Bagaimana dengan beberapa String sehingga membentuk kalimat?

Untuk Menampilkan Kalimat

Untuk menampilkan kalimat, kita perlu mengubah sedikit pada kode kita sebelumnya. Perhatikan kode di bawah ini.

public class StringArgsSatu {
	public static void main(String[] args) {
		String kalimat = "";
		for(int i = 0; i<args.length; i++) {
			kalimat += args[i] + " ";
		}
		System.out.println(kalimat);
	}
}

Kemudian mari kita perhatikan outputnya.

Karena String[] args adalah array, maka kita perlu mengkompilasi data – data dalam array tersebut untuk menjadi satu kalimat.

Sebagai Sumber Switch

String[] args juga dapat kita gunakan sumber switch. Mari kita perhatikan kode berikut.

public class StringArgsTiga {
	public static void main(String[] switcher) {
		switch(switcher[0]) {
			case "program1":
				System.out.println("Program 1");
				break;
			case "program2":
				System.out.println("Program 2");
				break;
			case "program3":
				System.out.println("Program 3");
				break;
		}
	}
}

Kemudian mari kita perhatikan output dari kode tersebut.

Dari kode di atas, Saya memanfaatkan fitur arguments tersebut untuk dapat melakukan switch. Sehingga, bisa kita imajinasikan, jika kita memiliki banyak method, kita dapat memanggilnya dengan menggunakan arguments.

Bagaimana? tertarik dengan untuk bermain lebih banyak lagi dengan String[] args? silakan. Berkreasilah sepuasnya. Tidak menutup kemungkinan kita bisa menggunakan String[] args untuk membuat bentuk persegi, atau segitiga sama kaki, atau segitiga sama sisi, atau bahkan persegi panjang. Jadi String[] args ini dapat digunakan untuk apa saja. Sehingga terakhir, hal ini menjadi kreatifitas Anda semua.

Demikian artikel Tutorial: Bermain dengan String[] args (Java) ini. Semoga bermanfaat untuk kita semua. Apabila Anda memiliki pertanyaan, jangan sungkan untuk meninggalkannya di kolom komentar. Apabila Anda ingin mencuplik artikel ini, jangan lupa sertakan URLnya. Terima kasih…^_^

SOURCE CODE

Please follow and like us:
Advertisements

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *