Tips ‘n Trick: Mengaktifkan Mode Gelap Google Chrome.

Reading Time: 4 minutes

Selamat datang di blogs UNYDeveloperNetwork. Pada artikel tips ‘n trick kali ini, Saya akan membahas sedikit tentang mode gelap. Atau bahasa kerennya sekarang adalah dark mode. Semenjak dark mode mulai menjadi trend di awal tahun 2019 (sehingga disebut tahunnya dark mode), para pengembang aplikasi berlomba – lomba untuk menambahkan fitur dark mode pada aplikasi mereka. Bahkan termasuk Google Chrome. Namun, hingga saat ini, yang kita ketahui bahwa Google Chrome masih belum menyertakan dark mode sebagai pilihan mode default. Hal ini dikarenakan, modus ini masih dalam tahap experiment. Lantas, bagaimanakah caranya jika kita ingin mengaktifkan modus ini di Google Chrome?

Sebelum Saya melanjutkan artikel ini lebih jauh lagi, mari kita perhatikan halaman – halaman website berikut sebelum Saya aktifkan dark mode Google Chrome.

Tampilan Home Page dari Google sebelum dark mode diaktifkan
Tampilan feed dari Facebook sebelum dark mode diaktifkan
Tampilan first page The New York Times sebelum dark mode diaktifkan
Tampilan first page BBC News sebelum dark mode diaktifkan
Tampilan halaman profil Github sebelum dark mode diaktifkan

Setelah kita melihat beberapa halaman web sebelum dark mode diaktifkan, sekarang saatnya kita aktifkan mode ini. Untuk dapat melakukannya, kita harus masuk ke halaman Experimental Google Chrome. Ketikkan perintah berikut pada address bar Google Chrome:

chrome://flags

Maka akan muncul sebuah tampilan seperti tangkapan layar di bawah ini.

Carilah “Force Dark Mode for Web Contents”

Pada bagian drop down “Disabled” gantilah menjadi “Enabled”. Setelah itu, akan muncul notifikasi untuk melakukan “Relaunch” Google Chrome.

Klik saja pada tombol “Relaunch” untuk me-restart Google Chrome. Setelah Anda melakukan “Relaunch” seluruh tampilan konten website pada Google Chrome akan “dipaksa” menjadi dark. Perhatikan beberapa tangkapan layar di bawah ini.

Tampilan Home Page Google setelah dark mode diaktifkan
Tampilan halaman hasil pencarian Google setelah dark mode diaktifkan
Tampilan feed Facebook setelah dark mode diaktifkan
Tampilan first page The New York Times setelah dark mode diaktifkan
Tampilan first page BBC News setelah dark mode diaktifkan
Tampilan halaman profil Github setelah dark mode diaktifkan.

Kekurangan

Setelah kita melihat perbedaan beberapa halaman web sebelum dan sesudah dark mode Google Chrome diaktifkan, kita dapat memperhatikan terdapat kekurangan pada dark mode Google Chrome ini.

  • Beberapa style CSS tidak dapat dirender dengan sempurna, sehingga menyebabkan menyatunya warna – warna antar komponen (Contoh: tombol pada Github dan kotak pencarian Google)
  • Apabila sebuah website menggunakan logo dalam bentuk gambar dan berwarna gelap (seperti pada web berita The New York Times dan BBC News), maka logo website akan menjadi tidak tampak. Hal ini dikarenakan dark mode Google Chrome hanya merender bagian terang dari sebuah halaman web menjadi gelap dan tidak melakukan inversi warna sebuah gambar.

Namun, terlepas dari beberapa kekurangannya, menurut Saya, dark mode Google Chrome ini sangat membantu sekali dalam mengurangi eye-strain Saya. Saya menjadi lebih nyaman ketika harus bekerja dengan mengunakan Google Chrome terutama ketika saat ini menulis artikel. Meskipun masih dalam tahap experimental, namun fitur ini jauh lebih baik daripada fitur smart-inverse yang dimiliki oleh iphone.

Demikian artikel Tips ‘n Trick: Mengaktifkan Mode Gelap Google Chrome ini. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Apabila Anda memiliki pertanyaan terkait dengan artikel ini, silakan tinggalkanlah di kolom komentar. Apabila Anda ingin mencuplik artikel ini, jangan lupa sertakan juga URL-nya. Terima kasih banyak… ^_^

Please follow and like us:
Advertisements

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *