Tips ‘n Trick: Memperbaiki File MKV yang corrupt

Reading Time: 3 minutes

Selamat datang di blogs UNYDeveloperNetwork. Pernahkah Anda, setelah mengunduh sebuah file video berformat mkv dari internet tidak dapat diputar dengan baik? Pernahkah Anda, ketika menonton sebuah video berformat mkv tiba tiba berhenti di tengah jalan? Atau pernahkah Anda tidak dapat memutar file video berformat mkv yang Anda unduh dari internet? Yak, selain masalah di atas masih banyak lagi masalah – masalah yang dihadapi oleh user ketika berurusan dengan file video berformat mkv. Masalah – masalah yang ditimbulkan tersebut terjadi karena file video berformat mkv mengalami kerusakan atau corrupt. Apabila mengalami kerusakan atau corrupt, dapatkah diperbaiki? Mari simak artikel ini sampai habis.

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan file berekstensi mkv ini kan? Tentu saja, file file media berformat .mkv akhir akhir ini begitu populer di kalangan penikmat media video. Karena ciri umum dari file – file media berkstensi .mkv ini adalah selain ukurannya yang kecil, namun kualitas gambar dan suaranya juga tetap sempurna. Namun, seperti yang sudah disebutkan di atas, karena format file ini open source maka tidak jarang terjadi corrupt pada filenya. Corrupt ini terjadi karena proses kompresi yang mengalami kegagalan kecil, atau ketika menyalin file dengan format mkv ini tidak sempurna. Banyak hal yang menyebabkan kerusakan (corrupt) pada file dengan ekstensi mkv ini.

Lalu apakah ada solusi untuk memperbaiki kerusakan file mkv tersebut? Jawabannya adalah, Ya. Ada solusi untuk memperbaiki kerusakan file mkv tersebut. Solusinya adalah menggunakn tool yang bernama Meteorite: the Matroska / MKV Repair Engine. Tool ini adalah sebuah project kecil yang didedikasikan untuk memperbaiki file mkv yang rusak.

Advertisements

Jadi bagaimana cara menggunakan tool ini?

Pertama. Unduh file project ini. Link ada di bagian akhir artikel ini.

Kedua. Setelah Anda mengunduh file project ini, Anda harus mengekstraknya terlebih dahulu.

Selanjutnya, buka direktori hasil ekstrasi file tersebut. Anda akan menemukan dua buah file.

Klik dua kali pada Meteorite.exe. Maka akan tampil tampilan GUI sederhana dari tool ini.

Ketiga, drag n drop file mkv Anda yang rusak ke dalam tool meteorite tadi.

Setelah Anda memasukkan file mkv yang rusak, proses perbaikan pun dimulai. Tunggu hingga prosesnya selesai.

Apabila sudah selesai, maka akan menghasilkan satu file mkv baru yang merupakan file hasil perbaikan.

CATATAN! Tool ini tidak akan bekerja jika file mkv yang dimasukkan tidak rusak (file dalam kondisi baik, tidak corrupt).

Baik, demikianlah artikel Tips ‘n Trick: Memperbaiki File MKV yang corrupt kali ini. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua. Apabila Anda memiliki pertanyaan, jangan sungkan meninggalkannya di kolom komentar. Jika Anda ingin mencuplik artikel ini, jangan lupa juga sertakan URL nya.

DAFTAR UNDUHAN

NoJenis UnduhanLink
1Unduhan resmi (sourceforge)Unduh
2Mirror 1Unduh
Please follow and like us:
Advertisements

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *