Tutorial: Membuat Aplikasi Desktop Untuk Windows dengan Java

Reading Time: 4 minutes

Selamat datang di blog UNYDevelopernetwork. Pada postingan kali ini kita akan bermain kembali dengan menggunakan java. Namun, tidak dalam bentuk CLI lagi, tetapi dalam bentuk aplikasi window. What? dalam bentuk aplikasi window?. Berarti kita harus punya skill coding java tingkat tinggi dong? Hmmm.., Tidak perlu.., karena kita memiliki Netbeans. Kita akan menggunakan Netbeans untuk merancang dan membuat aplikasi desktop berbasis window.

Untuk memulai, pertama kita buka Aplikasi Netbeans. Kamu bisa menggunakan berbagai versi netbeans (Tidak ada ketentuan khusus untuk versi IDE).

Setelah Netbeans terbuka, Buat project baru dengan cara klik: File > New Project

Akan memunculkan jendela New Project. Pada jendela ini, pilih Java pada kolom Categories dan selanjutnya pilih Java Application pada kolom Projects. Setelah itu klik Next

Kamu akan di bawa ke langkah selanjutnya. Pada jendela New Java Application, berilah nama project aplikasimu sesuai kreativitas pada kolom Project Name. Contoh pada tangkapan layar di bawah ini, Saya menggunakan nama “JFrameApps”. Selanjutnya, kamu dapat melakukan kustomisasi pada Project Location dan Project Folder untuk mengganti lokasi di mana kamu akan menyimpan project.

Sebelum kamu klik Finish, hilangkan terlebih dahulu centang pada checkbox Create Main Class.

Tunggulah sampai Netbeans selesai membuat framework project jAVA mu. Setelah selesai, klik kanan pada <default package> > New > JFrame Form

Aksi ini akan memunculkan jendela untuk membuat JFrame. Pada jendela ini kamu diminta untuk memberikan nama untuk jAVA class yang akan dibuat. Kamu bisa memberikan nama class sesuai kreativitasmu, namun tetap memperhatikan kaidah dalam memberikan nama class di jAVA. Pada contoh di bawah ini, Saya memberikan nama class “MainActivity”. Selanjutnya, abaikan kolom isian lainnya dan klik Finish.

Tunggu sampai Netbeans selesai membuatkan JFrame kosong untukmu. Setelah selesai, kamu dapat langsung menjalankan aplikasinya. Caranya adalah tekan mengklik tombol “Play” yang terletak pada toolbar Netbeans.

Apabila muncul jendela seperti di bawah ini, langsung saja klik OK.

Netbeans akan langsung mengeksekusi aplikasi java kita. Dan tampak pada screenshot bahwa aplikasi java berbasis window kita dapat dijalankan.

Langkah selanjutnya adalah memberikan judul window aplikasi kita. Jangan lupa, sebelum mengedit aplikasi kita, kita harus menghentikan dulu aplikasi yang sedang kita jalankan yang bisa langsung dengan mengklik tombol exit atau mengklik tombol stop yang terletak di panel kiri sebelah bawah. Apabila aplikasi sudah berhenti dijalankan, kita mulai dapat mengedit aplikasi kita, contohnya adalah judul window yang langkah – langkahnya adalah sebgai berikut.

  1. Klik JFrame yang akan diedit
  2. Lihat pada panel kanan sebelah bawah ([JFrame – Properties)
  3. Isikan judul window pada kolom Title
  4. Tekan Enter

Contoh pada tangkapan layar di bawah ini, Saya memberikan nama window: Aplikasi Ku

Selain itu, Anda juga menambahkan komponen komponen lain seperti Label, Input Box, Panel, dan lain sebagainya dari Palette yang letaknya tepat di atas Properties

Untuk memasukkan komponen komponen yang terdapat di dalam Palette kamu bisa melakukannya dengan cara drag n drop. Selain itu Anda juga mengubah ukuran window dengan cara drag n drop.

Cobalah berkreasi, seperti contoh desain aplikasi login yang Saya buat pada tangkapan layar di bawah.

Jalankah aplikasi yang sudah kita buat ini. Dan voila, cantik bukan?

Namun, kecantikannya berkurang setelah kita melihat bahwa windownya selalu terletak di pojok kiri atas. Ini bukan tanpa alasan, namun karena memang pada jAVA GUI, object grafis secara default dimulai dari titik 0,0 yang berada di pojok kiri atas.

Bagaimana cara membuat window berada di tengah? cukup mudah. Pertama, klik tombol Source yang terletak di samping tombol Design.

Buat lah satu private non-return value method. Katakanlah, initLevel0. Kemudian masukkan baris kode berikut:

setLocationRelativeTo(null);

Sehingga secara lengkapnya adalah sebagai berikut.

private void initLevel0(){
     setLocationRelativeTo(null);
}

Panggil method tersebut pada constructor di bawah method initComponents. Sehingga hasil akhirnya adalah sebagai berikut.

public MainActivity() {
        initComponents();
        initLevel0();
    }
    
    private void initLevel0(){
        setLocationRelativeTo(null);
    }

Terakhir, jangan lupa simpan (CTRL+S) dan kita jalankan kembali aplikasi kita ini.

Voilaa… window kita sekarang tepat berada di tengah – tengah. Sungguh menambah kecantikan aplikasi sederhana yang kita buat.

Demikian artikel tutorial java ini. Semoga bermanfaat untuk kita semua. Apabila Anda memiliki pertanyaan, jangan sungkan meninggalkannya di kolom komentar. Jika Anda ingin mencuplik artikel ini, jangan lupa juga sertakan URL nya.

Terima Kasih … ^_^

Artikel Terkait:

Please follow and like us:
Advertisements

5 Replies to “Tutorial: Membuat Aplikasi Desktop Untuk Windows dengan Java”

  1. salam,,saya pemula,,untuk coding,,yang mau saya pertanyakan yaitu,,bagaimana code utk memanggil pengguna aplikasi bisa mengapload foto,vidio dan musik,,terimakasi,,,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *