Tips ‘n Trick: Menghubungkan Drive di Host OS ke Guest OS (Oracle Virtual Box)

Reading Time: 3 minutes

Selamat datang di Blog UNYDeveloperNetwork. Pada Tips ‘n Trick kali ini kita akan bermain dengan Oracle Virtual Box yakni menghubungkan drive lokal di Host OS kita ke Guest OS yang sudah terinstal di Virtual Box. Hasil akhir dari Tips ‘n Trick adalah terhubungnya drive lokal Host OS di Guest OS dan kita dapat melakukan aksi apapun (membuat, mengubah. dan menghapus) terhadap file atau direktori di drive lokal Host OS kita.

Peralatan yang kita butuhkan adalah sebagai berikut:

  1. Virtual Box yang sudah terinstal Guest OS (dalam tips ‘n trick ini penulis menggunakan Windows XP SP3)
  2. Host OS (bisa Windows, linux, atau mac; dalam tips ‘n trick ini penulis menggunakan Windows 10 build 1903)

Untuk dapat menghubungkan drive lokal dari Host OS ke Guest OS, kita akan bermain di pengaturan. Untuk melakukannya, pilih Guest OS yang sudah terinstal dari daftar OS di Virtual Box dan pilih Settings

Di dalam jendela Settings, pilih Shared Folders

Klik pada Adds new shared folder, maka jendela untuk menambahkan shared folder akan keluar

Di jendela Add Share terdapat tiga kolom isian: Folder Path, Folder Name, dan Mount Point

Pada Folder Path diisi dengan lokasi drive dari Host OS yang akan dihubungkan dengan Guest OS. Untuk memilih lokasi drive tersebut, klik pada kolom tersebut dan pilih Other. Jendela untuk memilih lokasi drive akan muncul dan pilih drive dari Host OS yang akan dihubungkan dengan Guest OS. Setelah memilih drive yang akan dihubungkan dengan Guest OS klik Open untuk mengkonfirmasi.

Berikan nama untuk drive yang sudah dipilih tadi sesuai dengan keinginan Anda. Terakhir, check pada Auto-mount sehingga ketika Guest OS diaktifkan, drive yang sudah di tambahkan tadi akan otomatis di-mounting. Untuk mengakhiri proses Add Share klik pada tombol OK.

Jalankan Guest OS Anda dengan klik pada tombol Start. Tunggu sesaat hingga Guest OS Anda siap dan buka file browser pada Guest OS Anda, Voila, muncul drive baru yang sudah ditambahkan tadi.

Bagaimana behavior dari drive yang sudah dihubungkan tadi? Ya, drive tadi memiliki behavior full-access sehingga kita dapat membuat, mengubah, dan menghapus direktori dan file.

Demikianlah Tips ‘n Trick: Menghubungkan Drive di Host OS ke Guest OS (Oracle Virtual Box) ini. Semoga bermanfaat untuk kita semua. Apabila Anda memiliki pertanyaan dengan artikel ini, jangan sungkan untuk meninggalkan komentar di kolom komentar. Apabila Anda ingin mencuplik artikel ini, jangan lupa untuk menyertakan URL artikel ini.

Terima Kasih… ^_^

Please follow and like us:
Advertisements

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *