Tips ‘n Trick: Mengekstrak file media dari dokumen Office Word

Reading Time: 3 minutes

Selamat datang di blog UNYDeveloperNetwork. Seringkali kita menjumpai file dokumen Office Word (.doc atau .docx) yang memiliki gambar dan kita ingin mengambil gambar – gambar tersebut. Salah satu caranya adalah menggunakan fitur Save as Picture ketika kita membuka file tersebut dengan Office Word. Namun, tahukah Anda? jika ada cara yang lebih mudah, dan lebih cepat serta kita bisa menyimpan seluruh file media yang ada di dokumen Office Word? Ya, berikut tips ‘n trick akan mengulasnya.

Pertama yang diperlukan adalah dokumen Office Word. Pada Tips ‘n Trick ini penulis menggunakan Office 2019. Contohnya seperti pada screenshot di bawah ini

Terlihat dari dokumen di atas, terdapat tiga file media: Logo, Logo, dan Screenshot map. Secara manual, ekstrak media pada file Office Word dapat dilakukan melalui Save As Picture.

Namun cara manual tersebut akan memakan waktu lama sekali karena user diharuskan melakukan Save as Picture berkali-kali jika user ingin menyimpan seluruh file media. Ada cara yang lebih cepat, bahkan sangat cepat, yakni menggunakan tool unzip yang secara default sudah terinstal di sistem operasi Windows. Berikut adalah caranya:

  • Pastikan semua file Office Word yang akan diekstrak medianya tidak terbuka dengan aplikasi apapun (file dalam posisi tertutup, dan tidak terakses)
  • Buat satu copy identik dari file yang akan diesktrak medianya
  • Rename ekstensi file hasil copy identik tadi dari .doc atau .docx menjadi .zip. Apabila muncul peringatan, cukup klik Yes saja.
  • Klik kanan pada file Office Word yang sudah berekstensi zip tadi dan pilih extract all
  • Jendela konfirmasi untuk mengekstrak zip akan muncul, klik pada tombol Extract untuk mengkonfirmasi

Proses ekstraksi file akan berlangsung, dan ketika berakhir, Voilaaa…. file Office Word sudah terekstrak. Dapat diperhatikan, dari hasil ekstrak file tadi terdapat (setidaknya) tiga direktori dan satu file berekstensi .xml.

Untuk mendapatkan file media yang terdapat di dalam dokumen Office Word, navigasilah menuju ke word > media. Di dalam direktori media, Anda akan menemukan seluruh file media yang terdapat pada suatu dokumen Office Word.

Bagaimana? menarik bukan? Anda dapat menghemat banyak sekali waktu dengan menggunakan cara ini untuk mengambil seluruh file media yang terdapat di suatu dokumen Office Word.

Demikianlah pembahasan Tips ‘n Trick: Mengekstrak file media dari dokumen Office Word ini. Semoga bermanfaat untuk kita semua. Apabila Anda memiliki pertanyaan terkait artikel ini, jangan sungkan untuk menuliskannya di kolom komentar. Apabila Anda ingin mencuplik artikel ini jangan lupa juga untuk turut menyertakan URL artikelnya.

Terima Kasih… ^_^

Please follow and like us:
Advertisements

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *