Fun: sl: Naik Kereta Api di Terminal (Linux/Ubuntu)

Reading Time: < 1 minute

Selamat datang di blog UNYDeveloperNetwork. Di segmen Fun kali ini, penulis akan menunjukkan bahwa dengan terminal pun kita bisa bersenang-senang. Aplikasi ini berukuran kecil, sangat kecil. Bahkan karena begitu kecilnya jadi tidak membutuhkan waktu yang lama untuk menginstalnya.

Apakah permasalahan umum yang terjadi ketika seseorang menggunakan terminal? Ya, ketika mengetikkan perintah ls untuk mendaftar seluruh direktori dan file. Banyak pengguna terminal yang kadang salah mengetikkan sl daripada ls yang berujung pada keluarnya pesan error pada terminal. Oleh karena itu, dibuatlah aplikasi yang dapat membuat pengguna dapat melihat sesuatu yang lain daripada melihat pesan error ketika salah mengetikkan perintah sl. Sesuatu hal yang lain itu adalah kereta api yang berjalan dari sisi kanan ke sisi kiri terminal. Untuk jelasnya, mari kita lihat video berikut ini.

Lucu, kan?. Bagaimana cara menginstalnya? Cukup mudah saja. Anda cukup menginstal package bernama sl. Apabila di terminal ubuntu, Anda cukup mengetikkan perintah apt install sl. Tidak sampai satu menit, aplikasi sl sudah terinstal di terminal Anda.

Kemudian, bagaimana cara memanggilnya? seperti yang sudah ditulis di atas, bahwa aplikasi ini adalah sebagai error handling ketika user salah mengetikkan perintah sl yang seharusnya ls. Untuk memanggilnya, Anda cukup mengetikkan perintah sl diikuti dengan tombol enter.

Demikian lah post Saya tentang Fun: sl: Naik Kereta Api di Terminal (Linux/Ubuntu). Apabila Anda memiliki pertanyaan terkait dengan artikel ini, jangan sungkan untuk meninggalkan komentar di kolom komentar. Apabila Anda ingin mencuplik artikel ini, jangan lupa sertakan juga URL artikelnya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.

Terima Kasih… ^_^

Please follow and like us:
Advertisements

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *