Tips ‘n Trick: Membuat Guest OS Windows menyatu dengan Host OS (VirtualBox VM)

Reading Time: 3 minutes

Selamat datang di UNYDeveloperNetwork. Pada Tips ‘n Trick kali ini, akan kita bahas bagaimana cara membuat Guest OS Windows menyatu dengan Host OS nya dengan menggunakan VirtualBox VM. Sebelum memulai, kelengkapan yang harus dipenuhi adalah sebagai berikut:

  1. Virtual Box
  2. Guest OS Windows (Dapat Windows XP, Windows Vista, 7, 8, 8.1 atau 10)
  3. Host OS (Bisa Windows, Linux, atau Mac)

Pada artikel ini, penulis menggunakan Guest OS: Windows XP SP 3 dan Host OS: Windows 10 build 1903. Untuk langkahnya adalah sebagai berikut,

  1. Pastikan Virtual Box Anda sudah terinstal dengan Guest OS yang sudah disebutkan di atas. Seperti pada screenshot di bawah, penulis menggunakan Windows XP sebagai guest OS.
  2. Mulai Guest OS yang sudah terinstal di Virtual Box dengan klik tombol Start.
  3. Dapat kita lihat dari screenshot di atas, Windows XP masih belum menyatu dengan Host OS. Sekarang, kita akan membuat Windows XP tersebut menyatu dengan Windows 10.
  4. Untuk melakukannya, kita akan menambahkan VBoxGuestAdditions.iso ke dalam Guest OS. Klik Devices > Optical Drives > Choose disk image.
  5. Navigasikan file browser Anda ke root installation dari Virtual Box untuk menemukan VBoxGuestAdditions.iso. Di Windows berbasis 64bit, root installation dari Virtual Box dapat ditemukan di: C:\Program Files\Oracle\VirtualBox. Setelah Anda menemukannya, pilih VBoxGuestAdditions.iso tersebut dan klik open untuk memasukkan ke dalam optical drives.
  6. Atau Anda dapat melakukannya secara langsung dengan klik pada Devices > Insert Guest Additions CD Image.
  7. Tepat setelah Anda membuka VBoxGuestAdditions.iso tersebut, akan keluar installation wizard untuk Guest Additions. Yang perlu Anda lakukan Adalah mengikuti instruksi yang terdapat pada installation wizard tersebut untuk dapat menginstall Guest Additions.
  8. Setelah Finish, Anda harus melakukan restart ulang Guest OS Anda.
  9. Setelah Anda melakukan restart ulang, Kini Anda memiliki opsi baru di View, yakni Seamless mode (Host + L).
  10. Anda dapat mencoba klik pada opsi tersebut dan.., Voilaa…. Guest OS Anda kini menyatu dengan Host Anda.
  11. Untuk kembali ke mode sebelumnya, Anda dapat menggunakan kombinasi tombol Host + L. Secara default, tombol Host pada Virtual Box adalah Right CTRL atau tombol CTRL kanan.
  12. Setelah Anda mengaktifkan fitur Seamless ini, maka secara otomatis Guest OS Anda akan setelah menyatu dengan Host OS segera setelah proses boot selesai. Untuk keluar dari mode ini Anda cukup menekan tombol kombinasi Host + L.

Demikianlah Tips ‘n Trick : Membuat Guest OS Windows menyatu dengan Host OS (VirtualBox VM) ini. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Jika Anda memiliki pertanyaan atas artikel ini, jangan sungkan untuk meninggalkan pertanyaan di kolom komentar. Jika Anda ingin mencuplik salah satu bagian dari artikel ini, jangan lupa untuk menyertakan URL artikel ini. Sampai berjumpa lagi di artikel UNYDeveloperNetwork yang lain.

Terima Kasih… ^_^

Please follow and like us:
Advertisements

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *