Tutorial: Menginstall JDK (Java Development Kit) di Linux (Ubuntu dan turunannya)

Reading Time: 3 minutes

Selamat datang di UNYDeveloperNetwork. Pada postingan ini, kita akan mencoba menginstal JDK di Linux khususnya di Ubuntu dan turunannya. Untuk komponen yang digunakan pada post tutorial ini adalah sebagai berikut:

  1. Sistem Operasi: Ubuntu 18.04.3 LTS
  2. Konektivitas Internet

Baik, apabila seluruh komponen yang dibutuhkan sudah siap, maka kita siap untuk menginstal JDK di Linux. Untuk langkahnya adalah sebagai berikut.

  1. Buka terminal, Anda dapat membuka terminal melalui start menu -> terminal atau dash menu -> terminal atau launcher -> terminal atau menggunakan shortcut default ctrl + T. Berikut adalah tampilan awal dari terminal yang sudah siap.
  2. Langkah awal yang dilakukan adalah memeriksa apakah JDK sudah terinstal. Untuk dapat melakukanya, kita ketikkan perintah: javac diikuti dengan enter.
  3. Apabila JDK belum terinstal, maka akan keluar beberapa rekomendasi untuk menginstal JDK. Pada screenshot di bawah tampak sistem merekomendasikan beberapa versi JDK. Untuk tutorial kali ini kita akan menginstall JDK 8 yang mana sampai saat ini (2019) masih dianggap JDK paling stabil.
  4. Untuk menginstalnya kita perlu masuk ke mode root. Untuk dapat masuk ke mode root ketikkan perintah berikut ini: sudo su. Kemudian masukkan password Anda. Anda dikatakan berhasil masuk ke mode root apabila muncul tanda ‘#’ pada terminal Anda, seperti screenshot di bawah ini.
  5. Barulah Anda dapat menginstal JDK. Untuk melakukannya, ketikkan perintah berikut di terminal Anda: apt install openjdk-8-jdk-headless
  6. Akan muncul konfirmasi sebelum proses instalasi dimulai. Ketik “Y” untuk melanjutkan instalasi.
  7. Proses instalasi dimulai, tunggu sampai proses instalasinya selesai.
  8. Proses instalasi selesai apabila sudah tidak terdapat lagi error maupun proses instalasi. Seperti pada screenshot di bawah ini.
  9. Untuk memeriksa apakah JDK sudah benar-benar terinstal, Anda dapat mengetikkan dua perintah berikut ini: java -version (enter) dan javac -version (enter). Kedua perintah tersebut akan menghasilkan output seperti pada screenshot di bawah ini.
  10. Selamat Anda telah berhasil menginstal java di Linux Anda. Selanjutnya Anda dapat mulai belajar membuat aplikasi dari java.

Demikian, post Tutorial: Menginstall JDK (Java Development Kit) di Linux (Ubuntu dan turunannya) ini. Semoga bermanfaat. Apabila Anda memiliki pertanyaan, jangan sungkan untuk meninggalkan komentar di postingan ini. Apabila Anda ingin mencuplik artikel ini, jangan lupa sertakan URL asli dari postingan ini.

Terima Kasih ^_^

Please follow and like us:
Advertisements

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *